Letak Batas Luas Alam Iklim Kependudukan Benua Australia

Letak Batas Luas Alam Iklim Kependudukan Benua Australia - Australia adalah sebuah negara di belahan bumi selatan yang juga menjadi nama benua terkecil di dunia. Wilayahnya mencakup seluruh benua Australia dan beberapa pulau di sekitarnya. Negara ini identik dengan binatang kangguru. Australia, walaupun terletak di dekat Asia, lebih sering disebut sebagai bagian dari dunia Barat karena kehidupannya yang mirip Eropa Barat dan Amerika Serikat. Penduduknya pun sebagian besar kulit putih.


Letak, Batas dan Luas Benua Australia

1) Letak astronomis
Posisi astronomis BenuaAustralia adalah antara 11oLS – 42oLS dan 113oBT – 154oBT.
2) BatasP
osisi geografis Benua Australia memiliki batas-batas sebagai berikut:
- Sebelah utara : Laut Timor, Laut Arafura, dan Selat Tores.
- Sebelah timur : Laut Koral, dan Laut Tasmania.
- Sebelah selatan : Samudra Hindia
- Sebelah barat : Samudra Hindia
3) Luas
Luas benua Australia adalah 7.741.184 km2merupakan benua terkecil di dunia.


Bentang Alam Benua Australia

Keadaan alam secara umum di Australia adalah sebagai berikut:
1) Bagian utara, terdiri dari dataran tinggi dan pegunungan, seperti DataranTinggiDempier dan Dataran TinggiArnhem. Di lepas pantai Australia timur laut terdapat pegunungan karang, yaitu Karang Penghalang Besar (The Great Barrier Reef).
2) Bagian timur terdiri dari pegunungan dari utara sampai selatan, yaitu Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing Range), terdiri dari VictorianAlps, Southern Tablelands, Central Tablelands, Plato New England dan Aterton Tablelands. Di daerah ini terdapat puncak tertinggi diAustralia, yaitu GunungKosciusko (2.234 m).
3) Bagian tengah terdiri atas dataran rendah yang terbentang sampai ke pantai selatan, yang disebut Dataran Muray Darling. Di wilayah ini juga terdapat pegunungan, yaitu pegununganMacDonnel dan Pegunungan FlindJers.Di daerah ini juga terdapat anau, yaitu Danau Eyre, Danau Torens, dan Danau Gairdner.
4) Bagian selatan, berupa dataran rendah yang membujur sepanjang pantai.
5) Bagian barat, daerahnya kering dan tandus. Terdapat dataran tinggi yang dikelilingi oleh Gurun Pasir Besar (Great Sandy Desert), Gibson, dan Gurun Besar Victoria.

Letak Batas Luas Alam Iklim Kependudukan Benua Australia



Iklim Benua Australia

Iklim di Australia bervariasi sesuai dengan letaknya:
1) Bagian utara beriklim tropis dengan musim penghujan pada bulan Oktober – April dan musim kemarau sebaliknya.
2) Bagian barat, tengah, dan selatan beriklim gurun bersifat kering dengan perbedaan suhu yang besar antara siang dan malam.
3) Pantai Selatan Victoria dan Pulau Tasmania beriklim laut sedang yang dipengaruhi angin barat, pada musim dingin banyak turun hujan.
4) Pantai Timur Australia beriklim laut yang dipengaruhi oleh angin pasat tenggara. Hujan orografis turun sepanjang tahun. Curah hujan per tahun antara 529 mm sampai 1.536 mm.

Sebelumnya mengenai Benua Eropa mungkin dapat membantu


Keadaan Penduduk Benua Australia

Pada tahun 2006 penduduk Australia berjumlah 20,6 juta jiwa, artinya tingkat kepadatannya hanya 3 orang per km2. Sebagian besar tinggal di perkotaan (85%) yang banyak terdapat di pantai-pantai, terutama pantai Selatan dan Timur. Suku bangsa Inggris, Irlandia dan Eropa Barat lainnya mendominasi jumlah penduduk (99%). Suku bangsa asli yaitu sukuAborigin tinggal 1% saja. Mayoritas penduduk Australia menganut agama Kristen (Katholik dan Protestan). Penduduk pendatang dari Asia banyak yang beragama Budha (orang Cina), Islam (orangArab).


Sekian mengenai Letak Batas Luas Alam Iklim Kependudukan Benua Australia, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Letak Batas Luas Alam Iklim Kependudukan Benua Australia"

Posting Komentar