Macam dan Jenis Jenis Peta

Macam dan Jenis Jenis Peta - Adalah Peta dapat dibedakan berdasarkan isinya, skalanya, penurunannya, serta penggunaannya.



Jenis Peta Berdasarkan Isinya
Berdasarkan isinya peta dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu peta umum dan peta tematik.
1) Peta Umum
Peta umum adalah peta yang menggambarkan permukaan bumi secara umum. Peta umum ini memuat semua ketampakan yang terdapat di suatu daerah, baik ketampakan fisik (alam) maupun ketampakan sosial budaya.

Ketampakan fisik misalnya sungai, gunung, laut, dan danau. Ketampakan sosial budaya misalnya jalan raya, jalan kereta api, dan pemukiman kota. Peta umum ada dua jenis, yaitu peta topografi dan peta chorografi.
a) Peta Topografi , yaitu peta yang menggambarkan bentuk relief (tinggi rendahnya) permukaan bumi. Dalam peta topografi digunakan garis kontur (countur line), yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat yang memiliki ketinggian sama.
b) Peta Chorografi , yaitu peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi dengan skala yang lebih kecil, yaitu antara 1:250.000 sampai 1:1.000.000 atau lebih. Peta chorografi menggambarkan daerah yang luas, seperti provinsi, negara, benua, bahkan dunia.
2) Peta Tematik
Peta tematik adalah peta yang menggambarkan satu atau dua ketampakan pada permukaan bumi yang ingin ditampilkan. Peta tematik hanya memuat informasi dan tema-tema tertentu.

Peta tematik hanya menggambarkan ke tampakanketampakan (fenomena geosfer) tertentu, baik kondisi fisik maupun sosial budaya. Contoh peta tematik, antara lain sebagai berikut.
a) Peta hidrografi yang memuat informasi mengenai kedalaman dasar laut serta informasi lainnya yang diperlukan untuk navigasi pelayaran.
b) Peta geologi memuat informasi keadaan geologis dan bahan-bahan pembentuk tanah.
c) Peta kadaster yang memuat informasi mengenai kepemilikan tanah beserta batas-batasnya.
d) Peta irigasi yang memuat informasi mengenai jaringan irigasi suatu wilayah.


Macam dan Jenis Jenis Peta




Jenis Peta Berdasarkan Skalanya
Peta tidaklah sama ukurannya. Ada peta berukuran besar dan ada peta yang berukuran kecil. Besar-kecilnya peta ditentukan oleh besar-kecilnya skala yang digunakan.

Berdasarkan skalanya, peta dapat digolongkan menjadi empat jenis, yaitu sebagai berikut.
1) Peta kadaster atau teknik adalah peta yang memiliki skala antara 1:100 sampai 1:5.000. Peta kadaster banyak terdapat di Departemen Dalam Negeri dan pada Dinas Agraria (Badan Pertanahan Nasional).
2) Peta skala besar memiliki skala 1:5.000 sampai 1:250.000 yang digunakan untuk menggambarkan wilayah yang sempit, seperti peta kelurahan dan peta kecamatan.
3) Peta skala menengah memiliki skala antara 1:250.000 sampai 1:500.000 yang digunakan untuk menggambarkan daerah yang agak luas, seperti Peta Provinsi Jawa Tengah dan Peta Provinsi Maluku.
4) Peta skala kecil memiliki skala 1:500.000 sampai 1:1.000.000 atau lebih yang digunakan untuk menggambarkan daerah yang relatif luas, seperti peta negara, benua, bahkan dunia.



Sebelumnya terkait mengenai Komponen Komponen Peta ini dapat menambah pengetahuan anda



Jenis Peta Berdasarkan Tujuannya
Peta dibuat orang dengan berbagai tujuan, yaitu sebagai berikut.
1) Peta Pendidikan (Educational Map). Misalnya, peta lokasi sekolah SMP/SMA.
2) Peta Ilmu Pengetahuan. Misalnya, peta arah angin dan peta penduduk.
3) Peta Informasi Umum (General Information Map). Misalnya peta pusat perbelanjaan.
4) Peta Turis (Tourism Map). Misalnya, peta museum dan peta rute bus.
5) Peta Navigasi. Misalnya, peta penerbangan dan peta pelayaran sebagai jalur transportasi.
6) Peta Aplikasi (Technical Application Map). Misalnya, peta penggunaan tanah dan peta curah hujan.
7) Peta Perencanaan (Planning Map). Misalnya, peta jalur hijau, peta perumahan, dan peta pertambangan.


0 Response to "Macam dan Jenis Jenis Peta"

Posting Komentar